Bimtek dan Monev Sistem Pengelolaan Pengaduan publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Semester I Tahun 2024

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Evaluasi SP4N-LAPOR! Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang Tahun 2024, pada hari Rabu 14 Agustus 2024, bertempat di ruang audiovisual Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang yang dihadiri oleh Operator SP4N-LAPOR! Masing-masing OPD yang ada di Kabupaten Rembang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang Aprilia Hening Puspitasari S.Sos.,M.I.Kom., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam era keterbukaan informasi, masyarakat dengan begitu mudah dapat menyuarakan ketidakpuasan atas kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dinamika inilah yang menuntut pemerintah merubah pola berinteraksi yaitu dengan membuka ruang diskusi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam berpartisipasi dan ikut serta mengawal jalannya pemerintahan. Lahirnya sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional melalui aplikasi lapor! atau yang lebih familiar disebut SP4N-LAPOR! adalah salah satu bentuk inisiasi Pemerintah dalam menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan, pengaduan ataupun kritik dan saran atas pelayanan publik yang diberikan.Diharapkan peserta Bimtek dapat melakukan percepatan penyelesaian tindak lanjut pengaduan dan melakukan publikasi serta sosialisasi SP4N-LAPOR! baik pada level admin koordinator maupun Operator penghubung kepada masyarakat sebagai pengguna layanan baik secara online maupun offline.