Profil

Kedudukan

Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang Komunikasi dan Informatika, bidang statistik dan bidang persandian.Dinas Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Struktur Organisasi

Kepala :  Ir. Wartono
Sekretaris :  Drs. Andi Dimyanto
Kepala Sub Bagian Perencanan dan Keuangan :  Subagyo Suyatmo, SE
Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :  Siti Hartanti, SP
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik :  Hery Kristiono, S.STP, M.Kom
Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik :  Sulistyowati, SE
Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik :  Sulistiyono, BA.
Kepala Bidang Pengelolaan e-Government :  Suranto Dwi Santoso, S.Pd. M.Si.
Kepala Seksi Infrastruktur, Teknologi Informasi dan Persandian :  Budiyono, S.Kom.
Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Aplikasi dan Statistik :  Muntahar, S.Kom.

 

Bidang Pengelolaan  Informasi  dan  Komunikasi  Publik

mempunyai  tugas perumusan  konsep  dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan,    evaluasi    serta pelaporan bidang   Pengelolaan  Informasi  dan  Komunikasi  Publik yang  terdiri dari Pengelolaan Informasi dan Pengelolaan Komunikasi Publik. Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik,menyelenggarakan fungsi :

  • penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik;
  • pengelolaan  dan  penyelenggaraan  kegiatan  bidang    Pengelolaan  Informasi dan Komunikasi Publik;
  • pengkoordinasian    dan    pengendalian    pelaksanaan    kegiatan    bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik;
  • pelaksanaan  tugas  kedinasan  lain  yang  diberikan  oleh  pimpinansesuai dengan fungsinya.

Seksi  Pengelolaan  Informasi mempunyai  tugas  melakukan  penyiapan  bahan  perumusan, pengkoordinasian,  pelaksanaan,  pemantauan,  evaluasi  serta  pelaporan  meliputi layanan  monitoring isu  publik  di  media (media  massa  dan  sosial),  pengumpulan  pendapat  umum  (survei,  jajak  pendapat)  dan  penyelenggaraan  layanan  aduan masyarakat;  standarisasi  pertukaran  informasi  untuk  database  informasi  lintas sektoral;  pemantauan  komunikasi  publik  lintas  sektoral  lingkup nasional  dan pemerintah  daerah, pengolahan  dan  analisis  data  informasi  untuk  mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan daerah di Kabupaten dan layanan Pengelolaan informasi publik.

Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan  meliputi   layanan  perencanaan  komunikasi  publik  dan  citra  positif  Pemerintah  daerah; pengemasan  ulang  konten  nasional  menjadi  konten  lokal;    pembuatan  konten lokal;  diseminasi informasi kebijakan melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah    daerah, pengelolaan    saluran    komunikasi    milik    pemerintah daerah/media  internal  dan  pengembangan  sumber  daya komunikasi  publik  di Kabupaten,   pemberdayaan  dan  penyediaan  akses informasi  bagi  media  dan lembaga   komunikasi   publik, pengelolaan   hubungan   dengan   media dan  penyediaan bahan komunikasi bagi pimpinan daerah di Kabupaten.

Bidang  Pengelolaan e-Government

mempunyai  tugas perumusan  konsep  dan  pelaksanaan  kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan,  evaluasi  serta  pelaporan bidang  pengelolaan e-Government yang   terdiri dari Infrastruktur,   Teknologi   Informasi   dan Persandian serta Pengelolaan Data dan Aplikasi, dan Statistik. Bidang Pengelolaan e-Government, menyelenggarakan fungsi :

  • penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan  bidang  Infrastruktur,  Teknologi  Informasi,  dan  Persandian,  dan Pengelolaan Data dan Aplikasi, dan Statistik;
  • pengelolaan  dan  penyelenggaraan  kegiatan  bidang    Infrastruktur,  Teknologi Informasi, dan Persandian, dan Pengelolaan Data dan Aplikasi, dan Statistik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dinas;
  • pengkoordinasian    dan    pengendalian    pelaksanaan    kegiatan    bidang Infrastruktur,  Teknologi  Informasi dan  Pengelolaan  Data  dan  Aplikasi,  dan Statistik ;
  • pelaks anaan  tugas  kedinasan  lain  yang  diberikan  oleh  pimpinan sesuai dengan fungsinya.

Seksi Infrastruktur,  Teknologi  Informasi,  dan  Persandian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan  perumusan,  pengkoordinasian,  pelaksanaan,  pemantauan,  evaluasi  serta pelaporan  meliputi pengembangan  dan  penyelenggaraan Data  Center (DC)  dan Disaster   Recovery   Center (DRC), pengembangan   dan   inovasi   TIK   dalam implementasi e-Government serta peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan infrastruktur  dan  teknologi  informatika;  layanan Government  Cloud  Computing, interkoneksi  jaringan  intra  pemerintah  kabupaten,  penyediaan  prasarana  dan sarana   teknologi   informasi   pemerintah   daerah,   bimbingan   teknis   dalam pemanfaatan sistem  teknologi  informasi  oleh  aparatur  pemerintahan,  mengelola dan memantau trafik elektronik di jaringan pemerintah kabupaten dan  layanan tata  kelola  keamanan  informasi  serta  penanganan  insiden  keamanan  informasi pada Sistem Elektronik Pemerintah Daerah serta peningkatan kapasitas Sumber Daya  Manusia  di  bidang  keamanan  informasi,  tata  kelola  persandian  untuk pengamanan informasi meliputi pengelolaan informasi berklasifikasi, pengelolaan sumber  daya  manusia  sandi,  pengelolaan  perangkat  lunak  dan  perangkat  keras persandian  dan  pengelolaan  jaring  komunikasi  sandi, audit  teknologi  informasi dan  komunikasi, layanan  pemerintahan  secara  elektronik  yang  terintegrasi, pengelolaan  akses  internet  pemerintah  dan  publik  serta  penyaringan  konten negatif di jaringan pemerintah kabupaten dan menyelenggarakan internet sehat, kreatif,  inovatif  dan  produktif dan    layanan  pemerataan jaringan  komunikasi masyarakat.

Seksi Pengelolaan Data dan Aplikasi, dan Statistik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan,    pengkoordinasian,    pelaksanaan,    pemantauan,    evaluasi    serta  pelaporan  meliputi penetapan  standar  format  data  dan  informasi,  walidata  dan kebijakan; layanan recovery data  dan  informasi,  pengelolaan  data  elektronik pemerintahan  dan  non  pemerintahan, layanan  peningkatan  kapasitas  Sumber Daya  Manusia  dalam  pemanfaatan  Sistem  Informasi  Pemerintahan  dan  Sistem Informasi  Publik; layanan pengembangan  aplikasi  pemerintahan  dan  pelayanan publik  yang  terintegrasi,  pemeliharaan  aplikasi  kepemerintahan  dan  publik; layanan  interoperabilitas,  interkonektivitas  layanan  publik  dan  kepemerintahan dan  Pusat  Application  Program  Interface (API)  daerah,  layanan  pengembangan Business  Process  Reengineering pelayanan  di  lingkungan  pemerintahan  dan  non pemerintah  (Stakeholder   Smart   City),  Sistem  Informasi Smart   City, layanan interaktif  pemerintah  dan  masyarakat  serta  penyediaan  sarana  dan  sarana pengendalian Smart  City, penyelenggaraan Government  Chief  Information  Officer (GCIO)  Pemerintah  Kabupaten, pengembangan  Sumber  Daya  TIK  pemerintah Kabupaten   dan   Masyarakat, layanan   nama   domain   dan   sub   domain   bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan kabupaten, survei dan kompilasi produk administrasi bidang  sosial,  ekonomi,  politik,  hukum  dan  hak  asasi  manusia; survei antar sensus serta kerjasama antar lembaga.